Home Laptop 11 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

11 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Mungkin Anda pernah mengalami setelah membeli laptop baru, namun laptop tidak awet atau kinerja laptop cepat menurun dan tentunya diluar prediksi anda. Semua itu dapat terjadi karena Anda belum memahami langkah langkah yang harus dilakukan setelah membeli laptop baru sehingga usia laptop tidak berlangsung lama, Maka dari itu liputanteknologi akan membagikan tips yang wajib dilakukan setelah membeli laptop baru.

Membeli laptop baru tentunya dengan harapan agar usia laptop bertahan lama, akan tetapi usia laptop bertahan lama tidaknya itu semua tergantung dari langkah awal setelah membeli laptop dan juga cara merawat laptop yang baik, berikut ini adalah hal yang wajib dilakukan setelah membeli laptop baru agar laptop dapat bekerja secara optimal dan awet.

1. Memastikan Kelengkapan

1 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Hal yang harus Anda perhatikan pertama kali ialah melihat kelengkapan laptop. Anda harus memastikan apa saja yang berada di dalam dus laptop. Periksa semua komponen seperti charger, baterai, CD driver, segel, buku panduan, dan juga kartu garansinya. Jika ternyata kurang lengkap, maka segeralah bertanya kepada penjual mengenai permasalahan tersebut.

Catatan: Sebelum dus laptop di buka, Anda harus pastikan tidak ada kerusakan pada dus.

2. Pastikan Tidak Ada Cacat

2 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Setelah mengecek kelengkapan laptop dan sudah sesuai dengan brosur, maka langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah mengecek kondisi laptop. Periksalah keseluruhan fisik laptop, mulai dari bodi, keyboard hingga pada layar laptop. Apabila ada komponen yang cacat, sebaiknya Anda langsung datang ke toko serta komplain secara baik-baik. Kalau bisa, Anda minta tukar dengan laptop yang lain.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Suara Laptop Yang Hilang

Seandainya ditolak, maka Anda juga dapat mengajukan klaim dengan kartu garansi, sertakan juga nota pembelian agar penjual menjadi lebih percaya kepada perkataan Anda.

3. Membaca dan Memahami Buku Panduan Serta Kartu Garansi

3 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Setelah proses pengecekan laptop selesai, hal penting yang wajib Anda lakukan selanjutnya ialah dengan membaca buku panduan laptop. Banyak orang yang menyepelekan buku panduan ini, padahal buku ini sangat berguna untuk perawatan laptop di kemudian harinya.

Buku panduan ini umumnya akan menjelaskan cara penggunaan dan perawatan laptop dengan baik dan benar. Dengan  Anda  membacanya maka bisa meminimalisir kesalahan pemakaian laptop yang kurang benar.

Meskipun Anda sudah sangat memahami cara menggunakan laptop atau notebook, tidak ada salahnya bila Anda membacanya. Sebab masing-masing vendor juga memiliki tata cara penggunaan yang berbeda-beda. Hal ini tentunya akan membuat performa laptop menjadi lebih awet dan tahan lama.

Dengan buku panduan tersebut, maka wawasan Anda tentang merawat laptop juga akan bertambah. Selain buku panduan, yang harus perlu dipahami selanjutnya yaitu kartu garansi. Sewaktu mendapat kertas garansi, maka simpanlah dengan baik dan jangan sampai hilang.

Kertas garansi pada umumnya berisi berbagai jaminan dari pihak vendor/distributor. Apabila laptop bermasalah pada masa garansi. Anda dapat melakukan perbaikan secara gratis. Catatlah alamat Anda beserta masa berlaku garansi laptop tersebut.

4. Install Sistem Operasi dan Aplikasi

4 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Jika langkah yang diatas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya ialah menginstall laptop. Apabila laptop Anda bukan pre-installed (sudah diinstall dari vendor), maka Anda harus menginstall sistem operasi agar laptop dapat digunakan. Bila tidak ada sistem operasi, umumnya laptop akan menampilkan perintah DOS yang akan memunculkan kode- kode.

Pilihlah sistem operasi yang mudah digunakan seperti Windows. Bila Anda belum mampu membeli lisensi asli Windows, tidak ada salahnya bila Anda menggunakan Linux. Meskipun gratis, fitur-fitur di dalam Linux dapat dibilang sudah cukup powerfull. Varian Linux juga memiliki banyak sekali, Anda dapat memilihnya sesuka hati.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Yang Error

Untuk install sebenarnya cukup mudah, Anda dapat mencari caranya di internet. Apabila Anda tidak mau pusing, maka juga bisa datang ke jasa installasi terdekat.

Setelah sistem operasi beres, tentu Anda perlu install driver agar kinerja laptop berjalan maksimal. Apabila terdapat CD driver, Anda dapat langsung menginstallnya. Dan biasanya tinggal next-next saja, cukup mudahkan.

Jika tidak ada CD driver, Anda dapat menggunakan Driverpack Solution atau mencari driver dari internet.

Terakhir, Anda harus install aplikasi. Install aplikasi yang penting terlebih dulu misalnya Ms. Office, CCleaner, WinRAR/Izarc dan Antivirus (SMADAV, Avast, MSE, BitDefender), serta Adobe Reader, Music and Video Player, dan browser. Aplikasi lainnya mengikuti.

Bila spesifikasi laptop memadai, Anda dapat menginstall game yang cukup berat. Namun, bila spesifikasi kurang  mendukung sebaiknya install game yang ringan agar performa laptop tidak terlalu berat. Dengan bermain game, Anda mungkin dapat menghilangkan jenuh dan stress akibat bekerja.

5. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

5 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Apabila laptop termasuk pre-installed, biasanya penjual akan menambah beberapa aplikasi yang sepertinya berguna bagi Anda. Namun, aplikasi tambahan itu terkadang tidak terlalu berguna. Yang ada malah memakan RAM terlalu banyak dan sangat membebani kinerja laptop. Anda perlu uninstall aplikasi tersebut melalui Control Panel.

6. Jalankan Seluruh Update Sistem Operasi

Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Setelah poin ke-5, sesuatu hal yang harus dilakukan ketika punya laptop baru selanjutnya adalah mengaktifkan fitur update secara menyeluruh pada sistem operasi laptop. Bila semua fitur update dijalankan, maka program dan sistem akan di update secara otomatis oleh sistem operasi tersebut.

7. Atur Display dan Resolusi Layar

7 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Agar mata Anda lebih enak disaat didepan layar laptop, Anda perlu mengatur display serta resolusi layar. Sesuaikanlah kontras/kecerahan pada layar agar mata tidak cepat lelah dan sakit. Selain itu, Anda dapat mengganti background default dengan background yang Anda sukai. Penting juga untuk mengatur resolusi agar penglihatan dalam ketika menatap layar menjadi lebih optimal.

8. Mengatur Start Menu & Shorcut

8 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Bila Anda telah berhasil menginstall system operasi, sebaiknya Anda perlu mengatur dua hal ini yaitu dengan mengatur start menu dan shortcut, Anda dapat mengakses file atau program dengan cepat tanpa Anda harus mencari-carinya terlebih dulu.

9. Pasang Pelindung Pada Laptop

9 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Memasang pelindung pada laptop sebenarnya tidak harus di pasang pada awal ketika laptop pertama kali dipakai. Namun, Anda perlu memasangnya sesegera mungkin untuk dapat meminimalisir kerusakan pada komponen laptop. Dan pelindung ini bisa terdiri dari :

  • Screen-guard: Dapat melindungi layar laptop dari goresan dan benda tajam.
  • Body-guard: Dapat melindungi bodi case laptop dari goresan, dan lecet pemakian atau terbentur tanpa sengaja.
  • Keyboard-guard: Dapat melindungi keyboard laptop dari debu serta kotoran yang masuk dari luar.

Untuk body-guard, mungkin dapat Anda pertimbangkan kembali. Liputanteknologi tidak tahu apakah aman atau justru membuat laptop semakin cepat panas karena tertutup pelindung. Namun, jika Anda tetap menginginkan body-guard, maka sebaiknya memasangnya ketika laptop masih dalam kondisi yang mulus tanpa lecet sedikitpun.

10. Membeli Perangkat Pendukung

10 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Untuk menunjang aktivitas serta keperluan dalam mengoperasikan laptop, ada baiknya bila Anda membeli perangkat pendukung. Perangkat ini pada umumnya memerlukan biaya tambahan, Anda dapat membelinya secara terpisah ke toko computer dan toko laptop terdekat. Apabila Anda tidak ingin repot, bisa membelinya melalui situs jual beli online.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Shutdown

Perangkat yang Anda beli sebaiknya yang benar-benar dibutuhkan, seperti modem, flashdis, MiFi, CD, mouse, joystick, headset, microphone dan lain sebagainya. Beli perangkat yang Anda butuhkan saja, agar tidak terjadi pemborosan pengeluraan.

11. Merawat Laptop

11 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Anda mungkin perlu menyayangi sebuah laptop dengan penuh kasih sayang. karena konsep menyayangi ini dapat saja membuat Anda menjadi lebih perhatian dalam merawatnya. Apabila Anda mampu merawat laptop dengan baik, maka otomatis Anda telah meminimalisir kerusakan pada laptop di kemudian hari dan laptop akan tahan lama.

Laptop yang baru dan dirawat dengan baik akan terasa lebih awet dan tahan lama. Dan ingat merawat laptop adalah suatu kewajiban yang harus Anda lakukan setelah Anda memiliki laptop baru itu.

Itulah ulasan yang harus dilakukan untuk laptop baru kesayangan Anda. Dengan Anda dapat memastikan dan memperhatikan cara penggunaan laptop, maka akan dapat merawat laptop dengan sepenuh hati. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here