Home Laptop Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Pada artikel sebelumnya liputanteknologi telah membahas cara memperbaiki komputer yang error, yang dimana didalamnya telah sedikit di singgung mengenai perangkat keras komputer yang dalam hal ini adalah hardware, 

Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis-jenis perangkat keras komputer beserta fungsinya. Tentnya banyak sekali macam-macam perangkat keras komputer tersebut, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan dibawah ini.

JENIS JENIS PERANGKAT KERAS KOMPUTER BESERTA FUNGSINYA

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan perangkat elektronik yang satu ini, dan liputanteknologi yakin sebagaian besar telah banyak menggunakannya. Akan tetapi tahukah Anda bahwa macam macam perangkat komputer yang bekerja jika Anda menghidupkan sebuah komputer?. Berikut ini adalah jenis-jenis perangkat keras komputer.

A. Perangkat Komputer Pemroses / Central Processing Unit

1 Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

Central Processing Unit atau disingkat sebagai CPU ini merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memproses atau mengelola data, dan perangkat komputer yang satu ini memiliki tugas yang cukup penting dalam sebuah sistem komputer itu.

Banyak orang menyebutkan Central Processing Unit adalah otak dari sebuah komputer yang dapat menjalankan program – program yang dijalankan oleh komputer.

Didalam CPU tersebut ada beberapa komponen yang mendukung fungsi dan sistem kinerja dari perangkat keras komputer yang satu ini :

1. Processor

Processor adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pemproses data yang di inputkan pada komputer, komponen CPU ini sangatlah penting dan utama, jadi apabila processor mengalami masalah maka CPU tidak dapat digunakan.

2. Memori RAM

Memori merupakan komponen CPU yang bertugas untuk penyimpanan sementara data – data yang akan diproses. Jika komputer dimatikan data – data yang disimpan di dalam memori RAM akan hilang. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lengkapnya mengenai fungsi RAM anda bisa liat dihalaman liputanteknologi.

3. Motherboard

Komponen CPU yang satu ini bertugas sebagai papan sirkuit untuk menghubungkan komponen-komponen yang lainnya. Motherboard sendiri memiliki memori RAM yang berfungsi untuk menyimpan program – program utamanya. Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap fungsi komponen CPU yang satu ini Anda dapat membaca ulasan pengertian dan bagian motherboard beserta produsen merek mainboard terbaik

4. Power Supply

Komponen CPU power supply ini berfungsi mendistribusikan arus listrik ke beberapa komponent yang ada di dalam CPU, jadi Power Supply ini sangat penting keberadaannya. Ada beberapa jenis Power Supply yang beredar di pasaran antara lain AT, ATX dan BTX.

5. Heatsink / Kipas Pendingin

Komponen CPU heatsink ini berfungsi untuk mendinginkan suhu processor dan juga sebagai komponen CPU yang lainnya, Pada biasanya Heatsink pada processor dipasang melakat pada processor itu sendiri, dan sementara untuk mendinginkan komponen CPU yang lain bisa menggunakan Heatsink yang terpasang pada Casing CPU.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Speaker Laptop

6. Video Graphic Adapter

Video Graphic Adapter atau biasa disebut VGA Card berfungsi untuk mengelola data grafis komputer yang nantinya akan ditampilkan pada perangkat komputer Monitor. Komponen ini memiliki sebuah chip processor tersendiri yang disebut sebagai Graphic Processing Unit.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai VGA Card Anda bisa membaca ulasan pengertian dan macam – macam tipe atau jenis VGA Komputer pada halaman liputanteknologi.

7. Sound Card

Sound Card ini berfungsi sebagai pengelola data audio yang nantinya akan di keluarkan lewat perangkat keras komputer speaker. Sama seperti VGA Card, ataupun Sound Card juga memiliki Chip khusus di dalamnya. Komponen ini sebenarnya ialah sebagai pelengkap dari komponen – komponen yang ada pada CPU.

8. LAN Card

LAN Card adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah komputer ke dalam sebuah jaringan, dan komponen ini memiliki jenis yang beragam, semua hal ini tergantung dari media transmisi yang akan digunakan. Ada yang menggunakan kabel ataupun media gelombang.

B. Perangkat Komputer Input

3 Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

Fungsi perangkat komputer input ini ialah memasukan data – data yang akan di proses dalam sebuah komputer, Ada bermacam – macam perangkat komputer yang tergolong dalam perangkat input ini, diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk media inputan yang berbentuk papan kunci, yang di dalam Keyboard sendiri terdapat deretan tombol huruf, angka, simbol ataupun tombol perintah yang lain.

Jenis – jenis keyboard sendiri ada beberapa macam diantanya keyboard numeric, keyboard Alphabetik, keyboard DVORAK, keyboard QWERTY, keyboard KLOCKENBERG dan juga keyboard Maltron.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Komputer Error

2. Mouse

Mouse ialah perangkat keras komputer input yang berfungsi sebagai media penggerak kursor pada komputer. Perangkat keras komputer mouse ini memiliki bentuk seperti tikus, itu sebabnya perangkat komputer ini dinamakan dengan mouse.

3. Microphone

Microphone merupakan perangkat keras komputer yang bertugas untuk memasukan data audio pada komputer, perangkat komputer yang satu ini kebanyakan digunakan untuk keperluan Multimedia saja.

4. Scanner

Scanner merupakan sebuah perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukan data gambar pada komputer, perangkat satu ini memiliki prinsip kerja merubah bentuk hard file menjadi soft file.

5. WebCam

WebCam merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengambil data foto maupun video dan dimasukan di dalam komputer untuk di proses. Ada banyak sekali model Webcam di pasaran namun yang membedakan disini adalah kualitas gambar serta video yang dihasilkan.

6. Optical Drive

Optical Drive merupakan perangkat komputer yang bertugas untuk membaca dan menulis data dalam media CD / DVD.. Perangkat komputer ini ada beberapa jenis yaitu CD ROM drive, CD RW drive, dan DVD ROM drive serta DVD RW drive.

7. Modem

Modem adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan. Dan untuk menghubungan komputer dengan modem komputer menggunakan LAN Card yang sudah terpasang pada motherboard.

Baca Juga : Cara Belajar Komputer Untuk Pemula (Dasar dan Pengenalan)

C. Perangkat Komputer Output

3 Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

Fungsi perangkat keras komputer output yaitu berfungsi untuk menampilkan atau mengeluarkan hasil data yang sudah di proses oleh CPU. Perangkat komputer yang tergolong dalam perangkat output ini memiliki banyak sekali jenisnya, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Monitor

Monitor adalah perangkat keras komputer yang masuk dalam perangkat output, Monitor ini berfungsi untuk menampilkan hasil data yang diolah oleh komputer dalam bentuk grafis digital.

Dan belakangan ini perkembangan monitor sendiri sangat tajam, dan di pasaran sendiri ada beberapa macam jenis monitor yang diantaranya adalah Monitor CRT, Monitor LCD dan Monitor LED.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Shotdown

2. Printer

Printer adalah perangkat keras komputer yang juga masuk dalam perangkat output, Printer ini berfungsi untuk mencetak semua data yang sudah di proses oleh komputer kedalam media kertas. Beberapa jenis printer yang ada di pasaran adalah printer dot metrik, dan Printer Desk Jet, Ink Jet, serta Bubble Jet dan Printer Laser Jet serta Printer Epsion.

3. Speaker

Speaker adalah perangkat komputer output yang berfungsi untuk mengeluarkan data suara yang telah di proses komputer. Untuk bisa dihubungkan dengan komputer, Speaker ini membutuhkan media khusus yang di sebut dengan Soud Card.

Baca Juga : Cara Mengatasi Komputer Not Responding [MUDAH]

D. Perangkat Komputer Penyimpan / Storage

4 Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

Fungsi perangkat komputer ini berfungsi untuk menyimpan data yang akan di proses dan juga setelah di proses oleh CPU. Beberapa perangkat komputer yang tergolong di dalam media penyimpan antara lain sebagai berikut :

1. Hard Disk

Hardisk adalah sebuah komponen perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan sistem operasi, aplikasi dan juga data – data dokumen lain.

Baca Juga: 11 Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

2. Flash Disk

FlashDisk merupakankan sebuah perangkat komputer yang berguna untuk menyimpan data dari komputer, perangkat ini juga bisa disebut dengan USB Drive, Pocket Drive, Pen Drive ataupun Microdisk. Dipasaran yang beredar ada banyak sekali jenis FlashDisk dengan berbagai macam kapasitas penyimpanan.

3. Disket

Perangkat penyimpanan komputer ini memilikii funsi seperti layaknya Hard Disk akan tetapi terbatas sekali kapasitas penyimpanannya, jadi perangkat komputer satu ini sudah mulai ditinggalkan.

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis perangkat keras komputer dan juga dilengkapi dengan fungsi perangkat komputer tersebut, Namun yang perlu anda tau sebenarnya masih banyak perangkat komputer yang ada sekarang ini,

Akan tetapi perangkat komputer yang sudah dijelaskan diatas adalah perangkat yang umum digunakan oleh banyak kalangan. Trimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here