Home Microsoft Word Cara Print Dokumen Ms Word ke Ukuran Kertas yang Lebih Kecil

Cara Print Dokumen Ms Word ke Ukuran Kertas yang Lebih Kecil

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Diartikel sebelumnya kita telah membahas Cara Print Slip Gaji Dengan Ukuran Kertas Setengah Letter, maka pada kesempatan kali ini liputanteknologi akan membahas Cara Print Dokumen Ms Word ke Ukuran Kertas yang Lebih Kecil. Di saat Anda membuat dokumen tentunya Anda menggunakan ukuran kertas Legal / Folio (F4) karena ukuran kertas tersebut merupakan ukuran standar di tempat kerja kita.

Cara Print Dokumen Ms Word ke Ukuran Kertas yang Lebih Kecil

Apabila stok kertas Legal atau Folio/F4 habis dan karena ada sesuatu hal yang mendesak, oleh pimpinan kita tetap diminta mengeprint dokumen sekalipun pada kertas A4 atau letter (stok kertas yang ada) maka tentu mau tidak mau kita harus melaksanakan perintah pimpinan tersebut. Apabila kita mencetak langsung dokumen tersebut pada kertas yang lebih kecil ukurannya tentu sebagian isi dokumen dapat terpotong.

Akan tetapi di Microsoft Word hal tersebut masih dapat diakali. Untuk dapat mencetak dokumen tersebut kita tidak perlu mengubah ukuran kertas asli (legal ataupun Folio/F4) yang ada didokumen menjadi ukuran kertas yang tersedia (A4 ataupun letter) kemudian mengedit kembali tampilan dokumen.

Cara Mencetak Dokumen di Ms Word Ke Ukuran Lebih Kecil

Kita dapat melakukan pencetakan dengan menggunakan fasilitas Scaling dari Microsoft Word. Berikut ini cara print dokumen Ms Word ke ukuran yang kecil menggunakan scaling di Microsoft Word:

  1. Buka dokumen yang akan diprint
  2. Tampilkan dialog printer, tekan tombol CTRL+P
  3. Pada kotak Name, pilih printer yang akan digunakan.
  4. Kemudian pilih halaman yang akan dicetak.
  5. Pilih All untuk mencetak semua halaman.
  6. Pilih Current Page bila mencetak halaman yang sedang aktif
  7. Pilih Pages untuk mencetak halaman tertentu
  8. Kemudian pada grup Zoom, dan pada Scale to paper size, maka silahkan Anda pilih item A4 ataupun Letter (ingat sesuaikan dengan jenis kertas yang tersedia yang akan anda pakai untuk mencetak)
  9. Setelah selesai, maka pastikan semua telah diisi dengan benar lalu klik tombol OK.
  10. Tunggu sebentar. Dokumen anda akan diprint sesuai dengan jenis kertas yang anda pilih tersebut dan dijamin tidak akan terpotong lagi.
Cara Print Dokumen Ms Word ke Ukuran Kertas yang Lebih Kecil

Tips Cara Mencetak Dokumen Ms Word ke Ukuran Kertas Yang Jauh Lebih Kecil

  • Anda dapat melakukan scaling untuk mencetak dokumen Legal / Folio ke kertas A4 ataupun letter. Meskipun dokumen tidak terpotong namun ukuran font, gambar dan sebagainya pada hasil cetakan tentu saja akan tampak lebih kecil apabila dibandingkan menggunakan ukuran kertas yang sesuai / sama.
  • Banyak printer yang mendukung penggunaan pencetakan dengan scaling sehingga pengaturan scaling juga bisa dilakukan pada pengaturan konfigurasi printer. Klik tombol properties untuk dapat menampilkan dan mengatur konfigurasi printer.

Baca Juga:

Demikianlah cara print dokumen ms word ukuran kertas yang lebih kecil, semoga dengan anda membaca artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda khususnya dalam membuat dan mencetak dokumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here