Home Printer Cara Install Scanner Pada Komputer Anda

Cara Install Scanner Pada Komputer Anda

Cara Install Scanner Pada Komputer Anda

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Cara Install Scanner pada Komputer. Pemindai atau scanner adalah suatu alat yang dapat dipakai untuk membaca sebuah dokumen yang tertulis pada sebuah kertas, dengan cara mendeteksi image pada kertas tersebut(scan).

Selain untuk membaca image atau gambar, beberapa scanner juga mampu mengambil teks dari kertas. Alat ini adalah alat optis yang bisa mengkonversikan citra seperti foto ke dalam bentuk digital supaya bisa disimpan atau diubah di komputer.

Diisini di berbagai metode pemantulan melalui filter R, G, B mendigit citra menjadi serangkaian pixe l. EF S- 1 memakai rangkaian citra 2 dimensi, sedangkan untuk scanner umumnya memakai rangkaian satu dimensi yang digerakkan (discan) melalui suatu obyek.

Pada scanner datar, obyek terletak tidak bergerak diatas panel kaca disaat rangkaian linier melewati obyek. Pada Scanner Sheet Feed, pencitraanya diam, namun obyeknya (foto atau kertas) yang bergerak melewati rangkaian linier. Scanner tangan memakai alat rangkaian citra yang dapat dipegang dan didekatkan serta digerakkan sepanjang obyek yang ingin discan.

Jika anda sering menggunakan mesin foto copy atau menggunakan alat scanner untuk melakukan cetak / copy dokumen. tentunya membutuhkan waktu yang lama apalagi buku yang akan dicopy / cetak dengan jumlah yang banyak.

Namun bagaimana apabila proses scan / copy sebanyak 200 lembar hanya dalam 1 menit? Ada seorang insinyur di Universitas Tokyo, yang sudah mengembangkan sebuah mesin yang menggunakan kamera kecepatan tinggi serta beberapa sensor khusus, yang bisa scanning 200 halaman dalam waktu satu menit. Dan hebatnya lagi, pada alat ini telah tersedia software 3D khusus yang berfungsi mendatarkan lengkungan buku pada saat di scan.

Baca Juga:

CARA MENGINSTAL SCANNER

Cara Install Scanner Pada Komputer Anda

1. Langah awal untuk menginstal scanner pada komputer ialah dengan anda Pastikan posisi scanner sudah menyala dan silahkan dipastikan juga bila scanner sudah terhubung dengan komputer.

apabila scanner sudah menyala dan terhubung komputer, maka secara otomatis komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenalnya dengan di tandi dengan munculnya sebuah gambar yang bertulis wellcome to the found new hardware wizard. Nah diisana terdapat pilihan, silahkan anda pilih yes, this time only selanjutnya next.

2. Kemudian silahkan pilih install the Software automatically.

3. Sebelum klik next silahkan anda masukkan terlebih dahulu CD driver scanner. Setelah sudah memasukkan CDnya, dilanjut dengan klik next maka akan muncul sebuah gambar bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.

4. Maka Proses install scanner akan berjalan secara otomatis, akan tetapi dalam tahapan tertentu Anda diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada  tombol Lecencing Agreement pastikan Anda menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya bahwa anda telah setuju untuk menginstal scanner pada komputer tersebut.

5. Setelah itu maka akan muncul gambar bertuliskan Completing The Found New Hardware Wizard.

6. Silahkan Klik Finish. maka instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan bahwa proses Instalasi scanner sudah berhasil.

Baca Juga:

Pengoperasian Mesin Scanner

Cara Install Scanner Pada Komputer Anda

Langkah kedua setelah pemasangan instalasi scanner berhasil ialah dengan sebelum Anda menjalankan mesin scanner, silahkan anda pastikan terlebih dahulu bahwa kabel scanner yang sudah disediakan, atau terhubung antara mesin scanner dengan komputer, pada komputer melalui port USB.

Dan Selain itu silahkan pastikan software driver scanner sudah terinstall dengan benar. Apabila setelah software driver diinstall, selanjutnya silahkan anda mengaktifkan software driver ke device manager seperti berikut ini:

a. Klik start lalu control panel kemudian  klik icon “Caere scan manager” akan muncul pada halaman tampilan.

b. Halaman “caere scan manager 5.1”, akan berisi kan tentang icon “Add Scanner”. Icon itu silahkan di-klik.

c. Maka secara otomatis akan muncul halaman pilihan jenis-jenis pabrik dan juga type scnanner.

d.  Silahkan Klik tombol scan dan biarkan proses berjalan.

e.  Setelah proses scanning selesai kemudian akan muncul tampilan halaman.

f. Untuk bisa disimpan dalam bentuk file tertentu maka silahkan icon clear di-klik
g. Kemudian klik menu file kemudian save as dan berhasil

Demikianlah ulasan mengenai cara Install scanner pada komputer, semoga dengan anda membaca artikel ini, bisa membantu anda dalam menginstall scanner serta anda mampu mengoperasikan mesin scanner dengan baik. Sekian dan Trimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here