Home Printer Cara Mengatasi Scanner Macet dan Solusinya

Cara Mengatasi Scanner Macet dan Solusinya

Cara Mengatasi Scanner Macet dan Solusinya

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Scanner adalah salah satu alat yang sangat dibutuhkan bagi pegawai perusahaan maupun pemerintah. Dengan scanner maka dapat merubah sebuah dokumen fisik menjadi sebuah dokumen bentuk digital, tentunya dengan adanya scanner kita dapat menyimpan file penting maupun foto dengan aman. Scanner terdiri dari dua tipe, yaitu scanner tunggal dan scanner yang bersatu dengan printer, namun cara kerjanya sama yaitu untuk foto kopi maupun mencetak dokumen dan lain sebagainya.

Akan tetapi disaat kita hendak menyimpan dokumen dengan cara di scan, maka anda harus meletakan dokumen di atas kaca pemindai, setelah kemudian menekan tombol perintah untuk melakukan pemindaian, maka secara otomatis scanner akan segera melakukan pemindaian. Hal tersebut mirip dengan mesin fotokopi, hanya saja output yang dihasilkan berupa file digital.

Scanner ini memiliki limit pemakaian sama seperti mesin lainnya. Namun Anda dapat mempertahankan scanner agar tetap dalam kondisi baik dalam jangka waktu panjang, dengan melakukan perawatan scanner secara rutin dan hindari menyentuh kaca tempat pemindaian pada scanner, agar kaca tidak kotor atau  tergores dan meninggalkan goretan yang membuat hasil scan terlihat jelek. Kemudian simpan scanner di tempat yang kering agar tidak jamuran. Dan yang paling penting ialah anda harus batasi pemakaian perhari. Jangan sampai scanner mengalami overheating karena digunakan terus menerus tanpa berhenti. Apabila anda perlu scan banyak dokumen, maka lakukanlah secara bertahap. Beri selang waktu agar mesin scanner dapat beristirahat untuk mendinginkan komponennya.

Meskipun Anda sudah berusaha merawat scanner dengan baik, maka scanner dapat saja mengalami kendala. Baik karna waktu (scanner sudah uzur) ataupun karena pemakaian yang kurang baik. Kali ini liputanteknologi akan mengulas tentang cara mengatasi scanner macet.

1 Periksa Koneksi Kabel Scanner ke Komputer

Scanner ini memiliki limit pemakaian sama seperti mesin lainnya. Namun Anda dapat mempertahankan scanner agar tetap dalam kondisi baik dalam jangka waktu panjang, dengan melakukan perawatan scanner secara rutin dan hindari menyentuh kaca tempat pemindaian pada scanner, agar kaca tidak kotor atau  tergores dan meninggalkan goretan yang membuat hasil scan terlihat jelek. Kemudian simpan scanner di tempat yang kering agar tidak jamuran. Dan yang paling penting ialah anda harus batasi pemakaian perhari. Jangan sampai scanner mengalami overheating karena digunakan terus menerus tanpa berhenti. Apabila anda perlu scan banyak dokumen, maka lakukanlah secara bertahap. Beri selang waktu agar mesin scanner dapat beristirahat untuk mendinginkan komponennya.    Meskipun Anda sudah berusaha merawat scanner dengan baik, maka scanner dapat saja mengalami kendala. Baik karna waktu (scanner sudah uzur) ataupun karena pemakaian yang kurang baik. Kali ini liputanteknologi akan mengulas tentang cara mengatasi scanner macet

Pemasangan kabel scanner yang tidak baik, bisa mengakibatkan scanner mancet karena terganggunya proses aliran data dari scanner ke komputer. Dan untuk solusi mengatasinya ialah dengan memastikan bahwa pemasangan kabel scanner terpasang dengan benar dan tepat.

Apabila koneksi kabel sudah benar, maka selanjutnya dengan periksa keadaan kabel. Kabel yang sudah dimakan usia, karena sangat memungkinkan benang-benang tembaga yang terdapat di bagian dalam kabel putus. Rusaknya kabel biasanya ditandai dengan munculnya pesan error pada scanner yang bertulis ”scanner acces failed” ataupun ”scanner not found”. Apabila benar kabel scanner rusak, maka anda harus mengganti kabel scanner yang rusak dengan yang baru, agar scanner bisa digunakan kembali karena scanner sudak tidak macet.

Baca Juga:

2 Meletakkan Dokumen Sumber Dengan Tepat

Cara Mengatasi Scanner Macet dan Solusinya

Terkadang peletakan dokumen sumber yang tidak benar dapat penyebab berhentinya pemindaian scanner. Maka sebelum melakukan scanner silahkan periksa kembali peletakan dokumen sumber. Lakukan dengan pelan dan tepat di atas penampang kaca pemindaian. Lalu tutup penampang dengan baik.

Dokumen sumber yang peletakkannya tidak tepat maka akan menyebabkan optic scanner kesulitan untuk membaca/ memindai dokumen tersebut. Akibatnya proses pemindaian berhenti atau akan berjalan sangat lambat. Maka dari itu solusi tepat agar scanner tidak macet ialah dengan meletakan dokumen sumber dengan benar.

Baca Juga:

.

3 Membebaskan Ruang Memori

Cara Mengatasi Scanner Macet dan Solusinya

Berhentinya proses scanning secara tiba-tiba disaat proses pemindaian sedang berjalan dapat dikarenakan kurangnya memori tempat penyimpanan hasil scan. Dan Biasanya permasalahan tersebut ditandai dengan munculnya pesan error yang bertulis ”not enough memory”. Apabila hal tersebut terjadi,  maka proses scan tidak bisa dilanjutkan sampai tersedia ruang yang cukup untuk menyimpan hasil scan.

Solusi terbaik untuk masalah tersebut ialah dengan membebaskan ruang pada hardisk tersebut, dengan Anda menghapusnya dengan menggunakan bantuan program disk utility atau secara manual. Apabila anda merasa kesulitan untuk memenuhi memori yang dibutuhkan, maka anda dapat mengatasinya dengan cara menscan dokumen anda menggunakan resolusi (dpi) gambar yang lebih rendah.

Jadi cara mengatasi scanner mancet yang pertama ialah dengan memeriksa kabel yang menghubungkan komputer dengan scanner, dan silahkan anda pastikan terpasang dengan benar dan pastikan kabel tidak dalam kondisi rusak. Selanjutnya letakkan dokumen sumber dengan benar dan baik, sehingga akan mempermudah dibaca oleh mesin pemindai. Kemudian pastikan tersedianya ruang memori pada hardisk agar dapat menyimpan gambar hasil pemindaian tersebut.

Baca Juga:

Apabila ketiga cara mengatasi scanner macet diatas belum bisa membuat scanner normal kembali, maka kemungkinan permasalahan ada pada perangkat scanner anda. Jika scanner bersatu dengan mesin printer, maka permasalahan pada mesin printer juga bisa mempengaruhi mesin scanner. mancet. Sedangkan untuk pemasalahan pada hardware mesin scanner, entah optic atau kabel fleksibelnya yang rusak, maka anda bisa memperbaikinya dengan cara membongkar mesin scanner.

Setelah scanner berhasil beroprasi kembali, namun anda menemukan bahwa hasil scan tidak memuaskan, maka ada beberapa hal yang dapat anda lakukan.

1. Apabila anda menemukan terlihat bercak atau goretan pada dokumen hasil scan, hal tersebut sebenarnya tidak ada pada dokumen sumber. melainkan disebabkan karena kotornya penampang kaca tempat pemindaian dilakuan. Anda dapat megatasinya dengan cara membersihkan kaca tersebut mengggunakan cairan pembersih dan kain yang halus.

2.Apabila gambar hasil pemidaian terlihat pecah-pecah itu bisa disebabkan karena resolusi yang dipilih terlalu kecil, cara mengatasinya ialah dengan meningkatkan resolusi pemindai.

3. Apabila Gambar Blur kemungkinan besar pilihan resolusi display warnanya terlalu rendah. cara mengatasinya ialah dengan Naikkan height color menjadi 16 bit, atau diatasnya. Selain itu hal tersebut, kualitas VGA komputer juga bisa mempengaruhi kualitas gambar hasil pemindaian yang ditampilkan. Yang perlu anda ingat Semakin baik kualitas VGA, maka hasil pemindaian juga akan tampak semakin baik. Namun apabilaVGA komputer kurang baik, maka anda bisa memindahkan hasil scan ke komputer dengan VGA lebih tinggi agar anda mendapatkan tampilan gambar yang lebih baik.

Demikian turotial dari liputanteknologi mengenai cara mengatasi scanner macet, semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberikan informasi yang anda perlukan, dan anda dapat mengatasi masalah pada perangkat scanner anda. Selamat siang. semoga anda berhasil memperbaiki scanner yang mancet. Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here