Home Printer Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Scanner adalah salah satu jenis alat atau perangkat yang sering dipergunakan oleh pegawai pemeritah atau perusahaan untuk membantu pekerjaannya. Mulai dari mendigitalkan file penting yang belum berbentuk file digital, dan memfotokopi berkas-berkas penting, maupun berbagai macam pekerjaan kantoran lainnya yang perlu dilakukan agar seseorang dapat bekerja dengan baik dan benar sesuai peraturan yang ada.

Maka dari itulah Anda perlu mengetahui apa saja penyebab scanner tidak bisa scan sehingga Anda dapat mengatasi masalah scanner yang tidak bisa melakukan scan dengan mudah, ataupun menghindari masalah scanner tidak bisa melakukan scan.

Lantas apa aja penyebab scanner tidak bisa scan itu? Dan apa saja penyebab sebuah perangkat scanner tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya? Jika anda belum mengetahuinya, maka silahkan perhatikan baik baik artikel kali ini mengenai penyebab scanner tidak bisa scan dan solusinya.

1 Driver Tidak Terinstall

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

Masalah pertama yang menyebabkan scanner tidak bisa berfungsi dengan benar ialah karena tidak adanya driver di komputer yang sesuai dengan piranti perangkat keras yang dimiliki. Hal itulah yang menjadi salah satu masalah mendasar, Dan solusi terbaik untuk mengatasinya ialah dengan cara menginstall driver sesuai dengan jenis scanner yang di miliki. Namun masalah seperti ini sudah mulai jarang ditemui mengingat sistem operasi modern, biasanya telah menyematkan driver plug-n-play yang dapat mendeteksi dan menginstall secara langsung apabila Anda memasukkan atau menghubungkan scanner melalui port USB.

Walaupun kemungkinan besar driver sudah terinstall namun tidak ada salahnya apabila anda memeriksa kembali apakah driver untuk scanner sudah terinstall atau belum, dan apabila sudah terinstall berjenis apa, supaya Anda bisa memastikan dengan tepat apakah ada masalah driver yang kurang atau tidak. Driver biasanya memiliki kelengkapan yang sama sekalipun berbeda jenis scanner dan fungsinya.

Baca Juga:

2 Driver Corrupt

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

Penyebab yang kedua ini masih berhubungan dengan driver scanner ialah karena masalah driver yang corrupt. Driver corrupt dapat terjadi ketika instalasi tidak berhasil dipasang dengan baik, maka file-file lain yang diperlukan agar driver dapat berfungsi dengan normal tidak tersedia di file sistem komputer Anda. Maka dari itulah, scanner tidak berfungsi dengan baik, salah satunya ialah tidak dapat melakukan proses scanning. Dan solusi untuk mengatasi masalah ini ialah dengan melakukan proses instalasi ulang dengan driver yang pas agar file driver yang dibutuhkan dapat dimiliki oleh file sistem komputer yang anda miliki tersebut.

Apabila terjadi error ketika Anda melakukan proses instalasi, Silahkan anda untuk uninstall driver lama, setelah itu baru anda silahkan lakukan instalasi ulang driver yang dibutuhkan oleh scanner yang anda miliki. Dan Ingat untuk melakukan restart setelah melakukan uninstall ya.

Baca Juga:

3 Port Keliru

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

Selain kedua masalah yang di jelaskan diatas tadi, terdapat masalah lain yang menyebabkan scanner tidak bisa melakukan scan dengan baik ialah karena registrasi port yang keliru yang dilakukan ketika proses instalasi. Hal ini biasanya disebabkan karena berbagai macam hal, misalnya gangguan program, salah komunikasi, bug, dan berbagai macam masalah lain yang membuat scanner tidak mendeteksi input dengan tepat dan mengakitbatkan scanner tidak bisa scan.

Baca Juga:

4 Kabel Rusak

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

Penyebab ke empat yang bisa membuat scanner tidak bisa melakukan scan ialah adanya kerusakan pada kabel yang digunakan untuk menghubungkan scanner dengan komputer anda. Untuk mendeteksi apakah kabel rusak atau tidak, maka solusi termudah ialah dengan cara mencoba untuk menggunakan kabel lain untuk melakukan proses scanning. Dan jika proses scanning bisa dilakukan, tentunya hal tersebut menandakan jika scanner masih bisa berfungsi dengan baik dan kabel mengalami kerusakan.

Apabila kabelnya rusak, maka Anda harus mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru dan terbukti tidak rusak untuk penghubung antara scanner dengan komputer yang digunakan. Namun anda harus memastikan terlebih dahulu dengan benar bahwa kabel scanner yang rusaklah yang menjadi masalah dan bukan yang lain, sebagai antisipasi agar Anda tidak mengeluarkan terlalu banyak uang namun tidak berdampak apa-apa terhadap perangkat keras yang Anda miliki.

Baca Juga: Cara Mengatasi Scanner Macet dan Solusinya

5 Slot Kabel Rusak

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

Selain karena kabel yang rusak, hal lain yang dapat menjadi penyebab scanner tidak bisa melakukan scanning ialah dikarenakan slot kabel yang rusak. Slot kabel yang dimaksud ialah suatu tempat konektor untuk menghubungkan scanner dengan komputer yang Anda miliki. Dengan kata lain, slot ini seperti port USB yang dapat di gunakan untuk menghubungkan antara printer dan perangkat-perangkat keras yang lainnya. Apabila slot konektor kabel rusak, maka tentu saja hal ini akan mengakibatkan scanner tidak bisa dihubungkan dengan komputer.

Dan solusi untuk memperbaiki masalah ini ialah dengan lakukan penggantian slot kabel USB yang terdapat pada scanner ataupun komputer Anda, tergantung mana yang mengalami kerusakan itu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Brother Close Ink Cover

6 Perangkat Scan Rusak

Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan dan Solusinya

Penyebab scanner tidak bisa scan yang terakhir ialah datang dari segi scanner itu sendiri. Dalam arti bahwa, scanner rusak sehingga dia tidak dapat memproses atau melakukan scanning sebagaimana yang diharapkan. Kerusakan dari scanner dapat meliputi pada perangkat penangkap hasil scan, perangkat pencitraan, prosesor, ataupun bagian lain yang membuat scanner tidak berfungsi dengan baik.

Apabila perangkat scannermu rusak, maka solusi terbaik untuk mengatasinya ialah dengan membawanya ke tukang servis atau anda bisa membeli scanner baru untuk menggantikan scanner lama yang telah mengalami kerusakan tersebut.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menyebabkan scanner tidak bisa melakukan proses scanning. Semoga dengan beberapa hal di atas, Anda dapat menghindari masalah printer tidak bisa scanning ya dan juga anda bisa memprediksi langkah apa agar bisa memperbaiki scanner tida bisa scan. Sekian dan trimaksih atas kunjungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here