Home Android Cara Menghilangkan Retak Pada HP dengan Mudah

Cara Menghilangkan Retak Pada HP dengan Mudah

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Cara Menghilangkan Retak Pada HP dengan Mudah – Kebutuhan manusia saat ini yang sering di cari ialah handphone atau biasa yang disebut dengan HP. Sekarang teknologi semakin maju, dahulu bila kita ingin mendapatkan sebuah informasi kita harus membeli media cetak dahulu seperti koran. Namun sekarang sebuah informasi atau mencari sesuatu dalam hal apapun, kita bisa lakukan dengan menggunakan HP, mulai dari baca koran, jualan di online hingga membuat sebuah dokumen untuk dicetak maupun mendengarkan musik.

Kegunaan dari HP yang begitu banyak, tentunya tidak heran bila semua orang ingin memiliki HP untuk teman sehari harinya. Seiring aktivitas kita yang setiap hari menggunakan HP, tentunya hal tersebut membuat HP rawan terjatuh dan mengakibatkan HP rusak seperti layar HP retak, atau HP pecah atau mungkin juga HP error yang tentunya membuat kita tidak bisa mempergunakan Handphone sebagai mana mestinya.

Jika HP anda menggunakan prosesor paling tinggi atau handphone memiliki layar lebih lebar dari HP itu sendiri, atau mungkin juga anda telah menggunakan prosesor HP quad core / octa core. Semua itu seakan percumah apabila HP anda masih rawan retak apabila terjatuh.

HP keluaran saat ini sangat rawan terjadi kerusakan apabila jatuh khususnya pada bagian layar HP. Kerusakan yang sering terlihat apabila HP terjatuh adalah muculnya retak pada layar, walaupun begitu tak menutup kemungkinan jika ada bagian lain pada HP yang muncul retak akibat terjatuh tersebut.

Lantas bagimana cara menghilangkan retak pada HP? Anda tidak perlu kawatit karena pada kesempatan kali ini liputanteknologi akan memberikan informasi mengenai cara menghilangkan retak pada HP, silahkan simak ulasan berikut ini:

1 Gunakan Casing Pelindung

Cara Menghilangkan Retak Pada HP

Sebelum Anda memperbaiki layar HP yang retak atau casing handphone, mungkin cara ini dapat menjadi suatu alternatif yang akurat, yaitu dengan anda memasang case pelindung pada handphone Anda. Setelah Anda membeli handphone baru, maka usahakan juga Anda membeli casing pelindung pada penjual handphone. Casing pada umumnya terbuat dari bahan plastik atau silicon. Hal ini bisa menghindari layar atau casing handphone Anda tergores atau retak. Oh ita dalam hal ini Anda dapat menyesuaikan jenis dan ragam casing berdasarkan tipe handphone yang anda miliki lho. Selain itu, Anda juga bisa memilih beragam pilihan gambar, desain, hingga warna casing sesuai keinginan Anda.

Baca Juga:

2 Memperbaiki Layar Sentuh HP yang Rusak Sebagian

Cara Menghilangkan Retak Pada HP

Apabila touchscreen smartphone Anda hanya retak sebagian saja atau tidak semua bagian layar rusak, maka langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan didiagnosa atau melakukan pengecekan. Bisa saja hal itu terjadi, layar HP hanya menunjukkan ciri-ciri yang sama dengan ciri-ciri layar LCD laptop rusak. Begini cara untuk memperbaiki HP anda yang retak, perhatikan caranya satu persatu:

  • Pertama yang harus anda lakukan ialah buka menu Setting atau Pengaturan HP kemudian cari pilihan kalibrasi layar pada HP Anda.
  • Selanjutnya silahkan Anda ikuti perintah – perintah yang tampil pada layar. Dan biasanya Anda akan diminta untuk mengklik atau melakukan tap (sentuhan) di sembarang tempat pada layar HP.
  • Kemudian sentuh layar, dan silahkan tepatnya di titik tengah kalibrasi layar. kemudian lanjutkan sentuhan di tempat-tempat yang diperintahkan oleh sistem tersebut. Biasanya dengan cara ini, maka kerusakan ringan yang terjadi pada layar sentuh HP Anda akan kembali normal.

Namun, Apabila cara di atas masih belum efektif untuk memperbaiki layar sentuh HP Anda, maka langkah selanjutnya ialah dengan Anda melakukan “factory reset” atau dengan cara mengembalikan pengaturan HP ke pengaturan awal dari pabrik. Oh iya cara kerja factory reset ini hampir sama dengan cara instal ulang laptop, Jadi Anda perlu melakukan backup data penting terlebih dahulu yang disimpan di memori internal HP.

Baca Juga:

3 Memperbaiki Touchscreen yang Pecah atau Retak

Cara Menghilangkan Retak Pada HP

Selanjutnya liputanteknologi akan memberikan informasi mengenai cara-cara memperbaiki touchscreen HP yang pecah atau retak. Silahkan simak ulasan berikut ini:

  • Jika layar HP anda mengalami pecah, dan keluar garis-garis panjang pada layar, serta touchscreen tidak bekerja atau tidak berfungsi, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan mencoba untuk melakukan flash atau reset ulang firmware HP Anda.
  • Apabila firmware HP anda telah di-reset ulang, akan tetapi layar touchscreen HP Anda masih tidak bisa bekerja, maka solusi satu satunya untuk memperbaiki masalah tersebut ialah dengan anda menganti layar HP dengan yang baru, yang sesui dengan type HP yang digunakan. Cara tersebut seperti cara mengatasi LCD laptop pecah.

Baca Juga: Tips Menjalankan Mode Split Screen di Semua Smartphone

4 Memperbaiki Kaca Kamera untuk HP Tertentu

Cara Menghilangkan Retak Pada HP

Taukah anda bahwa kaca pelindung lensa kamera pada HP juga sangat rawan untuk retak ketika terjatuh meskipun tidak sengaja. Apalagi jika anda menggunakan kaca pelindung lensa dari beberapa HP keluaran iPhone, Samsung dan sejenisnya. maka cara memperbaiki kaca kamera yang retak pada merk-merk tersebut juga berbeda. Karena tipe atau mode yang berbeda diperlukan perawatan sendiri, dan alat alat yang perlu anda siapkan antara lain kaca kemera, perkakas khusus dan hairdryer, berikut tutuorial cara memperbaikinya:

  • Langkah pertama dengan anda menyiapkan handphone yang kaca kameranya retak
  • Kemudian silahkan anda buka casing belakang handphone.
  • Sebelum membuka pastikan handphone dalam keadaan mati, hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya hubung singkat dari listrik yang tersimpan di baterai.
  • Kemudian panaskan bagian belakang HP dengan hairdryer selama kurang lebih satu menit.
  • Lalu dorong keluar kaca dari bingkai handphone dengan alat pendorongs seperti pinset atau sejenisnya.
  • Selanjutnya, silahkan anda ganti kaca kamera yang retak dengan kaca kamera yang baru. kemudian tempelkan kaca kamera baru pada posisi seperti kaca kamera sebelumnya.
  • Jika posisi dari kaca kamera sudah pas dan terpasang dengan baik, maka silahkan anda tutup kembali casing handphone Anda.
  • Sebagai langkah perawatan, silahkan anda untuk membersihkan kaca kamera dari debu yang menempel setiap 3 hari sekali

Baca JugaTips Agar Smartphone Dapat Bertahan Lama dan Awet

5 Memperbaiki Langsung Ke Teknisi Handphone

Cara Menghilangkan Retak Pada HP

Ini merupakan langkah terakhir untuk memperbaiki masalah HP retak ialah dengan Anda pergi ke counter handphone atau jasa servis handphone terdekat dengan rumah. Anda dapat meminta tenaga ahli untuk memperbaiki handphone Anda denga, cepat dan praktis. Namun kekurangan dari cara ini ialah Anda harus menyiapkan dana tambahan untuk penggantian layar dan jasa reparasi.

Baca Juga:

6 Cara Kreatif Memperbaiki Layar Retak

Cara Menghilangkan Retak Pada HP

Poin pertama hingga poin ke lima yang sudah liputanteknologi bahas, semuanya membutuhkan dana tambahan, dari membeli casing pelindung, layar baru sampai anda membayar jasa reparasi layar HP anda. Namun jika anda belum mempunyai uang tambahan anda tida perlu kawatir karena masih ada cara kreatif memperbaiki layar retak pada HP. Yang dimaksud dengan cara kreatif ialah dengan anda memasang wallpaper yang unik dan yang menyatu dengan retaknya layar HP agar kelihatan lebih indah. Contoh wallpaper kreatif yang menyatu dengan retak pada layar HP anda bisa anda dapatnya di 100+ Wallpaper Layar HP Retak Terbaru.

Jika anda sudah menemukan wallpaper yang menyatu dengan retak layar HP maka sekilas bahwa retak pada HP sudah menghilang, haha Cara mudah untuk mendapatkan wallpaper unik dan menyatu anda bisa mencari diinternet, namun apabila retak layar HP tidak meyatu anda bisa mengedit wallpaper tersebut hingga kelihatan menyatu pada layar HP anda yang retak tersebut. Itulah cara kreatif untuk memperbaiki layar retak khususnya bagi yang belum memiliki uang tambahan. hehe

Dari semua poin yang sudah liputanteknologi jelaskan diatas, manakah jalan terbaik untuk memperbaiki HP Anda yang retak? Sekian artikel dari liputanteknologi kali ini mengenai cara menghilangkan retak pada HP. Semoga bisa membantu Anda untuk memperbaiki layar HP yang retak. Dan Semoga masalah layar HP Anda dapat di selesaikan setelah Anda membaca artikel ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here