Home Komputer Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya [TERLENGKAP]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Apabila komputer sering hang itu pertanda bahwa banyak kerusakan pada komputer tersebut misalnya kerusakan software, kerusakan hardware serta gangguan lainnya seperi virus. Komputer merupakan salah satu bukti bahwa pesatnya perkembangan teknologi yang semakin maju. Mulai dari komputer dengan spesifikasi yang standar sampai dari komputer dengan ukuran kecil, tipis namun memiliki performa yang sangat memukau.

Seiring perkembangan komputer semakin pesat tentunya juga di dukung dengan perkembangan teknologi jaringan, yang sangat memungkinkan jika setiap komputer menjadi terhubung satu sama lainnya bahkan terhubung dengan smartphone. Meskipun sudah memiliki teknologi yang semakin menawan, namun ternyata permasalahan hang pada komputer sering terjadi, bahkan komputer sering hang tersebut tidak hanya terjadi pada komputer yang memiliki spesifikasi rendah saja, komputer spesifikasi tinggi pun juga pernah mengalami hang pada komputer. Penyebab komputer mengalami hang itu terjadi dikarenakan dua hal yaitu kerusakan pada software maupun kerusakan pada hardware komputer.

A. Hang Karena Kerusakan Software

Kerusakan software adalah salah satu alasan kuat yang menyebabkan komputer menjadi hang, hal ini terjadi biasanya berkaitan dengan spesifikasi dari software tersebut. Dibawah ini ialah beberapa kerusakan software yang bisa menyebabkan komputer menjadi hang :

1. Gangguan pada sistem operasi

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Gangguan Pada Sistem Operasi Komputer

Yang paling sering yang menyebabkan komputer jadi hang adalah kerusakan dari sistem operasi. Kerusakan pada sistem operasi ini bisa terjadi dikarenakan adanya virus pada komputer dan juga adanya gangguan kesehatan pada Harddisk. Hal ini terjadi bukan hanya pada software windows, namun sistem operasi Mac ataupun Linux juga sangat berpotensi mengalami hang akibat gangguan pada sistem operasi. Pada umumnya hal ini terjadi karena kesalahan penggunaan oleh user.

Cara Mengatasi Komputer Hang :

Cara paling mudah untuk memperbaiki komputer hang adalah dengan melakukan recovery data secara online. Asal Anda tahu bahwa semua sistem operasi akan terhubung ke website resmi, yang secara otomatis akan mendeteksi masalah sistem operasi secara online dan juga akan membantu mencari inti permasalahan dari hang pada komputer itu.

Jika sistem recovery tidak mungkin untuk dilaksanakan, maka cara lain untuk mengatasi komputer sering hang adalah dengan anda melakukan Install ulang pada sistem operasi /flashing. Dengan begitu hang pada komputer tidak akan terjadi lagi.

2. Cache registry yang terlalu banyak

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Cache Registry Penuh

Penyebab komputer sering hang yang kedua ini dari Cache registry. Cashe registry adalah sisa – sisa dari memory yang digunakan oleh software untuk bisa berjalan di dalam komputer. Dan pada umumnya terdapat beberapa cache registry yang memberatkan, sehingga hal tersebut bisa menyebabkan munculnya problem komputer menjadi sering mengalami hang.

3. Spesifikasi dari software yang terlalu berat

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Software Terlalu Berat

Salah satu hal yang menyebabkan komputer menjadi hang ialah dikarenakan spesifikasi dari sebuah software. Hal ini juga berkaitan dengan spesifikasi hardware pada komputer yang anda miliki. Pada umumnya spesifikasi dari software yang terlalu tinggi dan tidak sepadan dengan komuputer anda akan menyebabkan komputer sulit untuk menjalankan program tersebut, dan jika anda paksa untuk menjalankan progam maka, akan menyebabkan komputer mengalami hang.

Hal ini dapat kita ibaratkan seperti baju, jika sesorang yang memiliki badan yang besar harus memakai baju dengan ukuran kecil tentunya akan mengakibatkan kesulitan. Agara anda bisa menghindari komputer yang hang, maka cara mengatasinya dengan anda menggunakan softwaee yang memiliki spesifikasi sesuai dengan komputer yang anda miliki, atau dengan anda bisa juga melakukan upgrad pada hardware untuk mengatasi komputer yang error.

4. Missing files

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Missing File

Missing files adalah salah satu hal yang jarang terjadi, namun hal ini juga salah satu yang menyebabkan terjadinya hang. Missing files ialah kondisi yang dimana satu atau lebih file di dalam software hilang dari direktori. Dan Hilangnya file/ data tersebut bisa diakibatkan dari banyak hal salah satunya ialah dengan adanya virus di komputer anda.

Untuk mengatasi komputer yang hang karena missing files ini ialah dengan anda mencari file apa yang hilang, kemudian lakukan system recovery, atau jika anda tidak menemukan file yang hilang tersebut anda bisa menginstall ulang software yang mengalami problem missing file tersebut.

5. Virus

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Komputer Terkena Virus

Viru adalah salah satu penyebab yang sering terjadi dari komputer hang. Pada umumnya virus masuk ke dalam harddisk tanpa tidak kita sadari, Virus tersebut bisa melalui hasil transfer file antar komputer, atau juga dari pesan masuk email bahkan pula dari jaringan LAN atau internet. Virus inilah yang menyebabkan komputer menajdi lemot, karena bisa memberatkan sistem. Bahkan lebih sadisnya lagi terdapat beberapa virus bahkan dapat menghilangkan file – file tertentu, sehingga akan menyebabkan komputer menjadi hang ketika Anda menjalankan suatu software.

Untuk mengatasi komputer hang karena virus, anda bisa melakukan scanning setiap bulan, Tentunya dengan menggunakan antivirus yang kompeten, dan Jika virus sudah menyebar di seluruh komputer anda, maka silahkan anda melakukan pembersihan virus melalui DOS agar komputer kembali normal dan komputer tidak lemot lagi.

6. Gangguan pada software driver

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Software Driver Komputer Rusak

Gangguan yang keenam yang bisa menyebabkan komputer menjadi hang ialah dari driver software. Driver software merupakan suatu software yang sengaja diinstall agar beberapa hardware dalam komputer, seperti display, suara, dan sebagainya bisa bekerja. Gangguan pada software driver misalnya, salah satunya dapat menyebabkan layar menjadi mati dan tidak optimal resolusinya.

Untuk mengatasi dan menghindari komputer hang karena software driver ini, maka anda bisa menginstall driver yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang anda miliki, dengan anda melakukan itu maka agar tidak mengalami gangguan driver yang bisa menyebabkan komputer menjadi hang.

7. Browser

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Bowser Memakan Banyak Memory

Percaya atau tidak bahwa komputer hang dapat disebabkan oleh browser (terutama apabila sedang melakukan akses internet). Browser pada saat ini mengkonsumsi memori yang sangat besar sekali, jika anda cek, Browser crhome, browser modzila, dan  IE, adalah pemakan konsumsi memori komputer paling banyak bahkan dapat lebih dari 3/4 memori dipakai oleh browser hingga hal tersebutlah yang menyebabkan adanya hang pada komputer anda.

Baca Juga:

B. Hang Karena Kerusakan Hardware

Faktor berikutnya yang bisa menyebabkan hang pada komputer yang anda miliki adalah dari faktor kerusakan hardware pada komputer anda. Kerusakan harware ini biasanya yang sering menyebabkan Sistem Operasi /software yang sedang dijalankan mengalami malfungsi, sehingga akan menyebabkan komputer anda menjadi hang. Berikut ini merupakan ulasan mengenai kerusakan hardware yang bisa menyebabkan komputer menjadi hang, silahkan simak baik-baik penjelasan ini:

1. Kerja processor yang terlalu berat

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Processor Rusak

Hal pertaman penyebab komputer hang akibat gangguan pada kerusakan hardware ialah terdapat pada processor. Processor adalah otak dari sebuah komputer, yang dimana semua hal yang dapat dilakukan oleh komputer tentunya menggunakan kepintaran serta kecepatan dari sebuah processor. Akan tetapi terkadang processor sering sekali megalami overheat, yang dikarenakan terlalu berat bekerja. Maka hal inilah liputanteknologi memberikan penjelasan pertama yang mengakibatkan komputer sering hang dari kerusakaan hardware. Jika Processor berkerja melebihi kemampuannya maka komputer lemot bahkan mengakibatkan komputer sering hang karena mesin panas.

Untuk mengatasi komputer hang karena processor ini anda dapat mengistirahatkan komputer anda sejenak disaat mesin mulai panas (mematikan komputer). Dan juga memberikan extra fan untuk mengomptimalkan pendingan dari processor. Cara mengurangi beban kerja dari komputer ialah dengan mengaplikasikan processor dengan spesifikasi menengah kebawah atau dengan upgrade processor menjadi lebih tinggi.

2. Kapasitas RAM yang terlalu kecil

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Kapasitas RAM Kecil / Rusak

Kapasitas RAM komputer juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer menjadi hang. Karena dengan kapasitas RAM yang kecil akan mengakibatkan kemampuan membaca dan menyimpan memory dari suatu software yang berjalan berkurang baik, dan efeknya bisa menyebabkan laptop menjadi lemot dan mengalami hang.

Untuk mengatasi hal ini komputer hang karena ram kecil ialah dengan:

  • Melakukan upgrade pada RAM.
  • Membersihkan file atau data serta registry yang masih berjalan pada RAM.
  • Melakukan penghapusan aplikasi yang tidak perlu pada saat startup
  • Menggunakan software yang tidak akan memberatkan kinerja RAM.

Ketika anda hendak mengganti ram, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu antara RAM ddr 1 Ddr 2 dan ddr 3, karena kemungkin besar komputer anda memiliki soket yang berbeda.

3. Harddisk yang terlalu penuh

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Harddisk Komputer Penuh / Rusak

Harddisk komputer penuh, terutama apabila harddisk menjadi satu dengan sistem operasi juga salah satu yang bisa menyebabkan komputer menjadi hang. Hal ini terjadi dikarenakan ruang penyimpanan yang sangat terbatas, sehingga akan membuat sistem operasi tidak bisa bekerja dengan optimal.

Untuk megatasi komputer lemot / hang yang dikarenakan oleh harddisk ialah dengan anda:

  • Pertama dengan melakukan pembersihan harddisk dari file yang tidak perlu.
  • Kemudian dengan meningkatkan kapasitas harddisk.
  • Selanjutnya memisahkan drive storage untuk sistem operasi dengan data pribadi.

4. Bad Sector pada Harddisk

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Bad Sector Harddisk Rusak

Penyebab komputer hang masih dari harddisk, terkadang meskipun harddisk tidak kepenuhan, akan tetapi masih dapat berpotensi mengalami bad sector yang tentunya menyebabkan hang pada komputer. Bad sector adalah kondisi yang dimana sebagian harddisk mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa menyimpan data secara optimal. Seprti, harddisk yang memiliki kapasitas 1 TB, dan hanya dapat digunakan 300 GB saja apabila mengalami bad sector. Pada umumnya bad sector disebabkan karena harddisk tidak terlepas dari socketnya disaat sedang mengolah data, atau sedang mengalami guncangan dan terjatuh, sehingga mengalami kerusakan pada harddisk. Cara terbaik untuk mengatasinya ialah dengan mengganti harddisk komputer, agar komputer tidak mengalami hang lagi.

5. Kerusakan pada chipset

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Chipset Komputer Rusak

Kerusakan pada chipset hampir sama dengan kerusakan pada processor atau CPU. Kerusakan pada chipset ini bisa menyebabkan komputer anda mengalami hang dan tidak bisa digunakan sama sekali. Solusi terbaik untuk memperbaiki kerusakan komputer karena chipset ini adalah dengan cara mengganti chipset dari komputer anda, dengan begitu maka komputer bisa berjalan dengan lancar kembali.

6. Kerusakan pada VGA Card

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
VGA Card Komputer Rusak

VGA card adalah salah satu komponen yang terdapat pada bagian komputer. Terdiri dari VGA onboard dan VGA terpisah. Kedua – duanya juga berpontensi menyebabkan komputer menjadi hang. Kerusakan pada VGA Card tersebut akan menyebabkan grafis pada komputer menjadi kacau dan tentunya komputer tidak bisa menampilkan display apa. Cara terbaik untuk mengatasi ialah dengan anda melakukan penggantian pada komponen hardware VGA komputer anda.

Baca Juga:

C. Komputer Hang Karena Jaringan

Jaringan komputer juga merupakan salah satu penyebab komputer sering hang, jika anda tidak menemukan kerusakan dari masalah software maupun hardware, maka anda perlu memperhatikan jaringan komouter anda. Berikut ini merupakan penyebab komputer hang karena jaringan komputer.

1. DDOS

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Serangan DDOS

DDOS merupakan distributed denial of service, serangan ini mampu menyebabkan komputer hang dan tidak dapat diakses, terutama apabila anda menggunakan IP Public.

2. Hardware Jaringan Bermasalah

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Hardware Jaringan Bermasalah

Hardware jaringan bermasalah akan menyebabkan routing serta koneksi di komputer tidak berjalan dengan benar dan terkadang juga bisa menyebabkan komputer bermasalah / hang.

3. Koneksi Internet

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Koneksi Internet

Koneksi internet bisa menyebabkan masalah dengan komputer anda, seperti loading disaat menggunakan internet melalui browser ini juga bisa menyebabkan komputer hang. Terutama apabila web yang anda akses memiliki data yang besar serta malware/ video.

D. Cara Mengatasi Hang Pada Komputer Secara Umum

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Hang Secara Umum

Apabila anda sedang buru buru ingin mengatasi hang pada komputer anda, maka liputanteknologi menyarankan anda untuk menggunakan trik ini untuk mengetahui masalah detilnya.

  • Silahkan tekan tanpa kutip “Ctrl + Alt + Del
  • Kemudian lihat aplikasi yang menggunakan memori besar.
  • End proses aplikasi yang tidak urgent.

Baca Juga:

E. Cara Menghindari Komputer Sering Hang

Penyebab Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya
Cara Menghindari Komputer Hang

Untuk mencegah agar komputer yang anda miliki tidak sering mengalami hang, terdapat beberapa tips yang dapat anda lakukan. Berikut ini adalah bebrapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghindari hang pada komputer yang anda miliki:

  • Insttal software seperlunya saja.
  • Jangan membanting komponen komputer, terutama pada CPU atau harddisk.
  • Pastikan software terinstal dengan benar.
  • Gunakan antivirus yang tepat dan teruji.
  • Selalu menggunakan extra fan agar dapat menghindari meningkatnya suhu komputer secara berlebihan.

Demikianlah beberapa penyebab komputer sering hang dan juga tips serta solusi untuk mengatasi hang pada komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan bisa menyelesaikan permasalah pada komputer anda. Sekian dan trimaksih. Semoga sukses memperbaiki komputer anda yang hang atau lemot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here