Home Surat Download Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Download Surat Perjanjian Jual Beli Tanah [GRATIS]

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Pada artikel kali ini liputanteknologi akan memberikan fasilitas download surat perjanjian jual beli tanah secara gratis, hal itu bertujuan untuk memudahkan anda didalam membuat surat perjanjian jual beli tanah yang akan anda lakukan. Disaat anda sudah melakukan kesepakatan atas penjualan tanah dengan pembeli tanah secara lisan, tentunya akan lebih tepatnya lagi jika anda juga membuat surat perjanjian jual beli tanah secara tertulis dan bermaterai. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudahkan anda disaat ingin melakukan balik nama atas tanah tersebut.

Selain untuk mempermudah pengurusan akta tanah, dengan adanya surat perjanjian ini tentunya tidak akan timbul masalah dikemudian hari, karena surat penjanjian tanah ini resmi secara hukum di Indonesia. Isi dari Surat Perjanjian ini meliputi, Identitas penjual dan pembeli secara lengkap, Lokasi tanah yang dijual, Harga Tanah terjual, tanggal kesepakatan hingga saksi adanya transaksi jual beli tanah tersebut. Untuk Lebih jelasnya seperti dibawah ini.

Oh iya bila anda ingin download surat perjanjian ini, ada di paling bawah artikel ini, anda tinggal isi sesuai keinginan anda, dan surat perjanjian jual beli ini menggunakan format word yang sering digunakan pada umumnya disaat melakukan transaksi jual beli tanah. Berikut contoh surat perjanjian jual beli tanah berupa tulisan.

Baca Juga:

________________________________________________________________________

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI TANAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
1. Nama : ………………………………………………………………..
Tempat, Tgl Lahir : ………………………………………………………………..
Pekerjaan : ………………………………………………………………..
Alamat : ………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
Nomor KTP : ………………………………………………………………..
Dalam hal bertindak atas nama diri pribadi yg selanjutnya disebut sebgai Pihak Pertama (Penjual)
2. Nama : ………………………………………………………………..
Tempat, Tgl Lahir : ………………………………………………………………..
Pekerjaan : ………………………………………………………………..
Alamat : ………………………………………………………………..
………………………………………………………………..
Nomor KTP : ………………………………………………………………..
Dalam hal bertindak atas nama diri pribadi yg selanjutnya disebut sebgai Pihak Kedua (Pembeli)

Pada hari…,….. tanggal ……  ………………………….. bulan …………………. Tahun …………………………………..………………….. , Pihak pertama dengan ini berjanji untuk menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual kepada pihak kedua dan pihak kedua juga berjanji menyatakan serta mengikatkan diri untuk membeli dari pihak pertama berupa:
Sebidang Tanah dengan Hak ………..…………………………………… yang diuraikan dalam nomor sertifikat tanah: …………………………………, yang berlokasi di alamat lengkap……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………… ,dengan ukuran tanah: panjang ……..m (…meter), lebar ……..m  ( ……………………………………………………… meter),  dan luas tanah ……….m2 ( ……………………………………………………………… meter persegi), dan untuk selanjutnya disebut Tanah. Dengan batas-batas tanah adalah sebagai berikut:
• sebelah Barat : berbatasan dengan ……………………………………………………….
• sebelah Timur : berbatasan dengan ……………………………………………………….
• sebelah Utara : berbatasan dengan ……………………………………………………….
• sebelah Selatan : berbatasan dengan ……………………………………………………….
Kedua belah pihak bersepakat mengadakan ikatan perjanjian jual beli Tanah. syarat dan ketentuannya telah diatur dalam 10  pasal, seperti berikut ini:

Pasal 1
HARGA DAN CARA PEMBAYARAN
Jual beli tanah dilakukan dan disetujui oleh kedua pihak dengan harga per meter persegi
Rp ………………………………………………….. ,00 atau jmlah uang terbilang  ………………………………………………………………………………………………….. Rupiah, sehingga keseluruhan harga tanah tersebut adalah :
Rp ………………………………………………..… ,00 atau jumlah uang terbilang …………………………………………………………………………………………………… Rupiah,  dan akan dibayarkan Pihak Kedua kepada Pihak Pertama secara ( tunai / kredit ) selambat-lambatnya ……… hari / minggu setelah ditandatanganinya surat perjanjian ini.

Pasal 2
BESARNYA UANG MUKA DAN UANG CICILAN
Besarnya uang cicilan untuk selama waktu tercantum dalam pasal 1  di atas, adalah sebagai berikut
1. Uang muka atau DP (Down Payment) sebesar ………. %  dari keseluruhan harga tanah yang disepakati sesuai pasal 2. Jumlah total uang muka yang akan diberikan sebesar Rp ………………………………………………………………… ,00  dan akan diberikan Pihak Kedua kepada Pihak Pertama selambat-lambatnya pada Tanggal ……Bulan ..……………. Tahun … setelah penandatanganan Surat perjanjian ini.

2.Lama jangka waktu cicilan adalah ….tahun…..dan Cicilan dibayar per tanggal …setiap bulannya secara ( tunai / transfer )  ke Pihak Pertama. Sedangkan untuk jumlah bunga cicilan ditentukan sebesar …… % sesuai kesepakatan Pihak Pertama dan Pihak Kedua sebagai berikut: ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Cicilan Pertama sebesar Rp…………………………………………………………… ,00 akan dibayarkan Pihak Kedua kepada Pihak Pertama selambat-lambatnya pada Tanggal …………………………………………………………………………………..……………….. )
4.Cicilan Terakhir sebesar Rp ………………………………… akan dibayarkan Pihak Kedua kepada Pihak Pertama selambat-lambatnya pada Tanggal …

Pasal 3
JAMINAN DAN SAKSI
Pihak Pertama (penjual) menjamin sepenuhnya bahwa Tanah yang dijualnya merupakan milik sah dari pihak pertama sendiri dan tidak ada orang atau pihak lain yang turut mempunyai hak atas tanah tersebut, bebas dari sitaan, tidak tersangkut dlm suatu perkara atau sengketa, hak kepemilikannya tidak sedang dipindahkan / sedang dijaminkan kepada  pihak lain dengan cara bagaimanapun juga, dan tidak sedang /telah dijual kepada orang atau pihak lain.

Baca Juga: Surat Perjanjian Jual Beli Rumah dan Contohnya

Jaminan pihak pertama dikuatkan oleh 2 orang yang turut menandatangani Surat Perjanjian ini selaku saksi.
Kedua orang saksi tersebut ialah:
1. Nama : …………………………………………………………..
Tempat, Tgl Lahir : …………………………………………………………..
Pekerjaan : …………………………………………………………..
Alamat : …………………………………………………………..
Hubungan Kekerabatan : …………………………………………………………..
Selanjutnya disebut sebagai Saksi I
2.Nama : …………………………………………………………..
Tempat, Tgl Lahir : …………………………………………………………..
Pekerjaan : …………………………………………………………..
Alamat : …………………………………………………………..
Hubungan Kekerabatan : …………………………………………………………..
Selanjutnya disebut sebagai Saksi II.

Pasal 4
PENYERAHAN TANAH
Pihak pertama (penjual) berjanji serta mengikatkan diri untuk menyerahkan sertifikat tanah kepada pihak kedua (pembeli tanah) selambat-lambatnya …… setelah pihak kedua melunasi seluruh pembayarannya.

Pasal 5
STATUS KEPEMILIKAN
Sejak ditandatanganinya Surat Perjanjian ini maka tanah yang dijual tersebut sudah beralih  kepada Pihak Kedua dengan demikian hak kepemilikan tanah tersebut sepenuhnya menjadi hak milik Pihak Kedua.

Pasal 6
PEMBALIKNAMAAN KEPEMILIKAN
1. Pihak pertama (penjual) harusmembantu pembeli / pihak kedua dalam proses pembaliknamaan atas kepemilikan hak tanah
2. Segala macam biaya yang berhubungan dengan balik nama tanah akan dibebankan sepenuhnya kepada Pihak Kedua (pembeli)

Pasal 7
PAJAK, IURAN, DAN PUNGUTAN
Masing-masing pihak bersepakat bahwa segala macam pajak /pungutan uang yang berhubungan dengan tanah di atas:
1. Sejak sebelum hingga waktu ditandatanganinya surat  perjanjian ini masih menjadi kewajiban Pihak Pertama.
2.Setelah ditandatanganinya surat perjanjian ini menjadi kewajiban Pihak Kedua.

Pasal 8
MASA BERLAKUNYA PERJANJIAN
Perjanjian ini tidak berakhir apabila meninggal dunianya pihak pertama, atau karena sebab apapun juga. Dalam keadaan demikian maka para ahli waris wajib mentaati ketentuan yang sudah tertulis dalam perjanjian ini.

Pasal 9
HAL-HAL LAIN
hal yang tidak tercantum di dalam surat perjanjian ini maka selanjutnya akan dibicarakan secara kekeluargaan dengan melalui jalan musyawarah dari kedua belah pihak.

Pasal 10
PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Apabila terjadi perselisihan dan tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan maka masing-masing pihak telah sepakat memilih menyelesaikan perkara secara hukum. Tentang surat perjanjian ini dan segala akibatnya, kedua belah pihak memilih menyelesaikan perkara di ……

Demikianlah Surat Perjanjan ini  telah dibuat dan ditandatangani kedua belah pihak di ……………………………… pada Hari/Tanggal… Bulan…. dan Tahun …, dalam keadaan sadar serta tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak manapun

PIHAK PERTAMA,     PIHAK KEDUA,

( …………….……………………….. )                ( …………….……………………….. )

Saksi-Saksi:

SAKSI PERTAMA,     SAKSI KEDUA,

( …………….……………………….. )                ( …………….……………………….. )

__________________________________________________________________________
Baca Juga:
Dan dibawah ini adalah gambar surat perjanjian jual beli tanah
Download Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Identitas penjual dan pembeli tanah
Download Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Pasal Kesepakatan atas Transaksi Jual Beli Tanah
Download Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Isi Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Download Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Saksi Jual Beli Tanah
Download Surat Perjanjian Jual Beli Tanah
Penutup Surat perjanjian Jual Beli Tanah
Format surat silahkan anda KLIK Download Surat Jual Beli Tanah kemudian edit sesuai keinginan anda.
Demikianlah cara Download Surat Perjanjian Jual Beli Tanah [GRATIS], semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang khusunya yang ingin melakukan transaksi jual beli tanah. Oh iya surat perjanjian ini yang membuat dari pihak pertama atau penjual tanah dan isi dari surat perjanjian ini, dari kesepakatan kedua belah pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here