Home Printer Jenis Jenis Scanner dan Fungsinya

Jenis Jenis Scanner dan Fungsinya

Jenis Jenis Scanner dan Fungsinya
5 Jenis Scanner dan Fungsinya Secara Lengkap

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Pada artkel kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis scanner dan fungsi agar anda bisa membedakan mengenai scanner. Scanner adalah sebuah alat atau perangkat keras komputer yang bertindak sebagai peragkat input komputer atau biasa kita kenal dengan istilah alat pemindai.

Fungsi scanner ini ialah untuk memindai dokumen dan mengkonversinya dalam bentuk digital kemudian akan di simpan dalam komputer. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi scanner dari jenisnya silahkan anda perhatikan ulasan berikut ini.

Scanner sendiri ternyata mempunyai banyak sekali jenis dan juga bentuknya, mungkin tidak seperti yang anda bayangkan saat ini. apa saja jenis – jenis dari scanner tersebut? Berikut ini adalah beberapa jenis dari scanner yang perlu anda tahu.

1. Scanner Drum

Jenis Jenis Scanner dan Fungsinya
Scanner Drum

Scanner yang pertama ini bernama scanner drum. Jenis scanner ini ialah berbentuk tabung (drum). Scanner ini merupakan salah satu jenis scanner yang sangat hebat terutama dari segi resolusi gambar yang dihasilkan. Selain itu scanner drum ini memiliki hasil scan dengan resolusi mencapai 24.000ppi. Itu pertanda bahwa kualitas gambar yang dihasilkan melalui media scanner drum sangat jelas dan benar-benar high resolution.

Keunggulan dari Scanner Drum

Jenis scanner drum ini memiliki banyak sekali keunggulan, selain bisa menghasilkan scan gambar bagus karena memiliki resolusi tinggi sampai 24.000ppi. Jenis dari scan drum ini memiliki beberapa kelebihan antara lain:

  • Bisa melakukan proses scanning pada dokumen atau pada kertas besar.
  • Scan drum ini minim getaran, maka hasil scan tidak akan mengalami getaran (distorsi)
  • Sangat cocok untuk memperoleh hasil gambar yang maksimal dari sebuah dokumen.
  • Mampu melakukan scan terhadap dokumen kuno yang rapuh

Kekurangan dari Scanner Drum

Meskipun scanner drum ini memiliki banyak kelebihan, terutama pada segi hasil resolusi gambar yang dihasilkan, jenis scanner drum ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti scanner jenis lainnya. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan dari Drum Scanner:

  • Bentuk fisik dari alat scanner yang sangat besar, tentunya membuat alat ini membutuhkan ruang yang cukup.
  • Harga alat scanner yang mahal, dan sangat sulit untuk memperoleh drum scanner.
  • Keterbatasan dari objek yang dapat di scan.

Baca Juga:

2. Scanner Flatbed

Jenis Jenis Scanner dan Fungsinya
Scanner Faltbed

Jenis scanner yang kedua ini adalah scanner flatbed. Bisa di sebagai scanner flatbed dikarenakan scanner ini adalah scanner yang bentuknya rata dan juga datar, mirip sekali dengan tempat tidur. Ini termasuk jenis scanner konvensional yang umum dan sudah banyak ditemui di dalam dunia perkantoran maupun di dunia scanning dokumen. Dan jenis scan ini juga meruapakan jenis scanner yang paling banyak digunakan, karena memiliki ukuran yang kecil, serta kompatibel dengan beberapa ukuran kertas standar, misalnya legal dan juga letter, sampai ukuran kertas A3. Flatbed Scanner menggunakan teknologi Charge Coupled Device sebagai mata yang bisa melakukan pemindaian terhadap dokumen yang ditempatkan di dalamnya.

Kelebihan dari flatbed scanner

Kelebihan Flatbed scanner sendiri banyak sekali sehingga membuat jenis scanner ini sangat populer, dikalangan masyarakat. Berikut ini kelebihan dari flatbed scanner:

  • Harga relative murah dibandingkan scanner lainnya
  • Kompatibel dengan segala sistem operasi komputer.
  • Dapat menscan dan juga memindai jenis kertas apa saja yang memiliki ukuran tetap.
  • Hemat listrik dan juga daya.
  • Hasil resolusi dari objek yg cukup baik

Kekuangan flatbed scanner

Meskipun jenis scanner flatbed memiliki banyak kelebihan, namun flatbed scanner ini juga terdapat beberapa kelemahaan. Berikut ini merupakan beberapa kelemahan dari flatbed scanner :

  • Hanya mampu melakukan scan pada satu sisi objek saja
  • Sangat tidak efektif apabila melakukan pemindaian dari banyak obejk

Baca Juga:

3. Film Scanner

Jenis Jenis Scanner dan Fungsinya
Film Scanner

Film Scanner ini sangat mungkin saat ini bagi penggunaan teknologi fil negative untuk menyimpan foto dan video. Meskipun begitu, mungkin anda menginginkan apabila kenangan lama anda yang masih berada dalam bentuk fil negative untuk disimpan di dalam komputer / laptop anda. Agar anda bisa cetak sewaktu waktu dengan menggunakan printer anda. Nah, pada film scanner ini bisa dikatakan sebagai jawaban yang sangat tepat. Karena Film scanner telah menggunakan teknologi yang sama seperti flatbed Scanner, yaitu bahwa CCD sebagai mata yg melakukan pemindaian, akan tetapi dikhususkan untuk objek yang bentuknya ialah film negative.

Jadi, Film Scanner ini sangat sanggup untuk mengkonversi serta bisa merubah objek yang tersimpan di dalam film negative menjadi bentuk digital, kemudian disimpan di dalam komputer anda.

Meskipun alat ini adalah alat yang sangat berguna untuk kepentingan pribadi, akan tetapi harga dari film scanner ini tergolong mahal. Dan scan ini berbeda dengan flatbed scanner yang dapat anda temui dengan mudah dimana saja.

Selain itu, film scanner ini juga memiliki fungsi yang terbatas, adalah hanya mampu melakukan proses scanning pada bentuk film negative saja, dan bukan pada jenis dokumen lainnya.

Baca Juga:

4. Roller Scanner

Jenis Jenis Scanner dan Fungsinya
Roller Scanner

Roller Scanner adalah salah satu jenis scanner yang memiliki fungsi sama seperti flatbed scanner, yaitu untuk melakukan pemindaian pada sebuah dokumen atau pada sebuah gambar yang secara fisik berbentuk lembaran untuk dipindai. Perbedaan utama antara roller scanner dan scanner flatbed ialah dari metode cara yang digunakan.

Flatbed menggunakan teknologi CCD untuk memindai isi dokumen, sedangkan pada roller scanner tidak menggerakkan matanya, akan tetapi dokumennya yang digerakkan. Cara kerjanya sama seperti printer, yang dimana dokumen / kertas diletakkan pada ujung satunya, selanjutnya kertas tersebut akan masuk ke dalam mesin scanner, kemudian keluar pada ujung satunya lagi. Dan Roller Scanner ini terbagi menjadi dua jenis, antara lain ”

ADF Scanner (Automatic Document Feeder

Merupakan scanner jenis roller untuk penggunaan dokumen dalam jumlah banyak. Scanner ini juga memiliki tempat tersendiri didalam penyimpanan dokumen yang akan di scan, kemudian secara otomatis semua dokumen tersebut akan ditarik masuk ke dalam mesin Roller Scanner dan dengan cara bertahap satu per satu.

Scan jenis Sangat efektif apabila digunakan di dalam kantor yang sangat sibuk, terutama pada bagian administrasi kantor, yang harus sering mendokumentasikan sebuah dokumen ke dalam bentuk – bentuk digital.

Scanner Sheet Feed

Scan sheet feed ini sama seperti Scanner DF, akan tetapi scanner sheet feed ini tidak mempuyai wadah penyimpanan dokumen. Hal ini membuat scanner sheet feed bisa digunakan dengan cara memasukan dokumennya satu per satu. San ini sangat Populer dengan nama Scanner Mobile atau sebuah scanner Portable, Scanner Sheet Feed ini sangat mudah untuk dibawa – bawa. Selain itu, scanner sheet feed mampu digunakan hanya dengan menggunakan USB port pada komputer anda saja, sehingga hal ini akan mempermudah anda dalam melakukan proses pemindaian dimanapun anda berada.

Meski begitu, scanner sheet feed ini juga juga memiliki kekurangan. Harga scanner sheet feed ini  cukup mahal, dan juga anda harus menggatnti spare part tertentu setelah melakukan beberapa kali penggunaan, serta scanner sheet feed ini sangat terbatas didalam hal ukuran dokumen yang akan dipindai.

Baca Juga:

5. Hand Scanner

Jenis Jenis Scanner dan Fungsinya
Hand Scanner

Hand Scanner adalah jenis scanner yang dapat di aplikasikan dengan sangat mudah, karena hanya cukup menggunakan tangan. Hand scanner secara umum sudah banyak digunakan sebagai peralatan keamanan, fungsi scanner ini untuk mendeteksi dan memindai barang bawaan seseorang, dan sebagai alat untuk men – scan barcode di dalam swalayan, serta  scanner untuk memindai isi dari sebuah dokumen, dengan cukup anda mengarahkan tangan dan juga scanner ini sudah sesuai dengan bentuk dokumen yang ada.

Scanner tangan atau hand scanner ini sangat praktis untuk digunakan, serta kelebihan hand scanner lainnya ialah memiliki harga yang cukup murah dan juga terjangkau.

Selain hand scanner, terdapat juga inovasi pengembangan lainnya dari hand scanner, yaitu 3d Scanner. Dan hal ini meruspakan Sesuai dengan namanya, 3d Scanner adalah bentuk scanner yang bisa melakukan pemindaian pada objek yang bentuknya 3D.

Scanner 3D bisa memindai seluruh sisi dari sebuah objek real, dan kemudian memasukkannya ke dalam komputer tanpa adanya masalah sama sekali. Selain itu, scanner 3D ini juga bisa memindai kode tulisan dan juga objek lainnya tanpa harus menyentunya. Oh iya Scanner 3D ini sangat populer pada film – film detektif dan juga film fiksi sebagai suatu peralatan yang sangat canggih. Meskipun demikian, alat scanner ini memiliki kelemahan yaitu memiliki harga beli yang cukup tinggi.

Demikianlah jenis-jenis scanner dan fungsinya. Semoga setelah anda mengetahui fungsi scanner yang sudah dijelaskan diatas yang memiliki kelebihan dan kekurangan dari masing-masing scanner, tentunya anda bisa memiliki, kira kira jenis scanner mana yang cocok untuk kebutuhan anda dan juga yang sesuai dengan isi kantong apabila anda ingin membeli salah satu jenis scanner yang sudah disebutkan diatas. Sekian dan trimakasih atas kunjungannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here