Home Laptop Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis yang Wajib Dimiliki

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis yang Wajib Dimiliki

LIPUTANTEKNOLOGI.COM – Apabila anda menyukai bidang desain grafis berarti anda satu hobi dengan saya. Bagi anda yang belum mengetahui desain grafis itu apa, saja jelaskan terlebih dahulu. Desain grafis adalah salah satu ilmu yang berhubungan erat dengan grafis melalu media komputer. Desain grafis selain menggunakan media komputer, desain grafis ini juga bisa digunakan melalui laptop. Namun sayangnya tidak semua laptop bisa menjalankan program-program desain grafis. Maka dari itulah liputanteknologi akan memberikan sebuah informasi mengenai laptop yang cocok digunakan untuk desain grafis berserta software untuk desain grafis.

Apabila anda ingin membeli laptop sesuai bidang anda, silahkan anda memilih laptop untuk desain grafis karena bidang anda di grafis kan, heheh. Yuk kita langsung saya ke topik cara memilih laptop yang cocok untuk desain grafis yang wajib anda miliki, agar anda bisa membuat desain grafis di laptop yang baru saja anda beli.

1. Ukuran Layar

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
Ukuran Layar Laptop Lebar

Langkah pertama memilih laptop untuk desain grafis ialah dengan memperhatikan ukuran layar laptop. Pastinya di dalam membuat desain grafis, anda akan berbicara mengenai visual. Nah, untuk cara mengetahui seberapa bagus visual yang dihasilkan, tentunya anda harus menggunakan layar laptop yang cukup besar. Layar yang akan membuat anda nyaman saat membuat desain grafis ialah minimal 1600px x 900px. Dengan ukuran layar laptop sebesar itu, tentunya anda akan melihat visual dengan lebih jelas dan bisa membuat mata menjadi lebih nyaman.

Baca Juga: Cara Membersihkan Layar Laptop Yang Baik dan Benar

2. GPU (Graphic Processing Unit)

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
GPU

Berbicara tentang grafis maupun visual di dalam komputer, tentunya selalu berhubungan dengan GPU. GPU / Graphic Processing Unit adalah salah satu komponen komputer yang berfungsi untuk memaksimalkan kemampuan visual di dalam komputer. Oh iya Visual di sini tidak hanya dalam bentuk gambar saja namun juga akan menyangkut visual di dalam video ataupun visual-visual yang berhubungan dengan objek 3D.

Apabila anda menginginkan laptop yang mampu memaksimalkan visual komputer, maka silahkan anda mencari laptop bagian VGA tidak termasuk on-board. (software desain grafis sangat berat). Hal tersebut dikarenakan VGA on-board akan berbagi kinerjanya dengan bagian RAM komputer. Maka dapat membuat kinerja laptop akan terhambat. Ditambah lagi, adanya VGA onboard tidak bisa menambah VGA card. Padahal fungsi VGA card itu akan membantu anda di dalam memaksimalkan visual pada laptop.

Baca Juga: Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7

3. RAM

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
Kualitas RAM

Setelah harus melihat bagian VGA disaat ingin membeli laptop untuk desain grafis, maka anda juga perlu memperhatikan komponen lainnya yang tidak kalah penting yaitu RAM. Fungsi RAM adalah bisa menjalankan sebuah program di dalam laptop maupun komputer. Untuk bagian RAM, silahkan anda cari RAM dengan kapasitas yang tinggi. Minimal untuk desain grafis yaitu dengan menggunakan RAM dengan kapasitas 6GB karena hal tersebut bertujuan untuk kelancaran disaat menggunakan software desain grafis.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Slot RAM Motherboard Rusak Pada Laptop

4. Processor

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
Processor Bagus

Pilihlah laptop yang memiliki Processor kuat karena Tanpa processor yang kuat, Anda akan kesulitan dalam menjalankan aplikasi-aplikasi software desain grafis yang cukup berat digunakan. Agar bisa menjalankan program-program desain grafis, maka anda perlu menggunakan processor yang sudah memiliki nama. Seperti Intel dan AMD. Atau km juga bisa membaca referensi mengenai perbedaan antara Intel dan AMD processor sebagai bahan pertimbangan anda untuk membeli laptop.

Baca Juga: Jenis Jenis Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

5. Gunakan sistem pendingin

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
Sistem Pendingin Laptop

Disaat menggunakan software maupun aplikasi desain grafis bisa membebani komponen laptop itu sendiri. Karena semua komponen akan bekerja ekstra di saat menjalankan program desain grafis. Oleh karena itu agar komponennya tidak cepat rusak karena kepanasan silahkan anda gunakan sistem pendingin yang baik. Sistem pendingin yang buruk bisa merusak komponen-komponennya yang tentunya akan bisa menjadi penyebab laptop sering hang.

6. Harddisk yang besar

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
Harddisk Yang Besar

Tentunya akan sia-sia apabila anda memiliki kapasitas RAM yang besar, dan memiliki processor yang baik, serta memiliki VGA card yang mumpuni namun kapasitas Harddisk yang kecil. Apalagi bila menggunakan aplikasi maupun software desain grafis yang rata rata memiliki ukuran memori lebih dari 1GB. Maka dari itulah minimal kapasitas Harddisk yang dibutuhkan untuk laptop anda adalah 1TB. 1TB sudah lebih dari cukup untuk dapat menyimpan proyek-proyek desain grafis dan juga instal beberapa aplikasi maupun softwarenya.

Baca Juga: Cara Mudah Memperbaiki Laptop atau Komputer Yang Error

7. Baterai Yang Kuat

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
Baterai Laptop Tahan Lama

Perlu anda ketahui tentunya disaat kita mau mendesain satu projek cukup membutuhkan waktu yang lama. Itu pertanda bahwa anda butuh laptop yang tahan lama disaat mengerjakan proyek desain grafis. Pada biasanya, rata-rata laptop hanya bertahan 3 jam hingga 5 jam untuk pemakaian normal. Maka dari itu sebaiknya silahkan pilih laptop yang memiliki kapasitas baterai yang dapat bertahan lebih dari 5 jam.

Baca Juga : 11 Hal Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

8. Ada garansi yang berlaku

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
Garansi Laptop Minimal 1 Tahun

Seteiah anda membeli barang elektronik seperti laptop baik bekas maupun yang masih baru, silahkan anda usahakan memiliki garansi di dalamnya. Garansi tersebut sangat berguna dan buat jaga-jaga ketika barang elektronik yang anda gunakan mengalami masalah. Oleh karena itu saat membeli laptop usahakan mempunyai fasilitas garansi didalamnya.

9. Harga

Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis
Harga Laptop Desain Grafis

Pertimbangan yang penting disaat membeli laptop grafis adalah faktor harga. Jadi sebelum anda melakukan transaksi pembelian laptop silahkan anda melakukan survay terlebih dahulu agar anda bisa membeli laptop yang sesuai yang anda butuhkan, Kan percuma anda membeli laptop mahal namun fitur didalamnya tidak sesuai yang anda inginkan.

Demikianlah cara memilh laptop untuk desain grafis yang wajib anda miliki, semoga setelah anda membaca artikel ini dapat menjadi pertimbangan anda sebelum membeli laptop, karena bila anda ingin melakukan desain grafis di laptop, tentunya anda harus memiliki laptop yang mumpuni agar dalam mengerjakan desain grafis di laptop lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here